Mengatasi WeChat yang Susah Login (Server Busy)

Aplikasi serupa BBM dan Whatsapp kini makin bermunculan. Salah satunya adalah WeChat, aplikasi jebolan dari China yang dulunya bernama WeiXin (kalo ga salah, hihihi). Sebenernya WeChat udah lama dikenal Indonesia, cumanya baru sekarang-sekarang aja ada iklannya di TV. Naaaahh berhubung mungkin yang jelasin tentang aplikasi WeChat beserta fiturnya udah banyak ditulis dimana-mana, sekali googling juga pasti langsung nemu yang lengkap, jadi kali ini saya mau berbagi tips saja. Emmm sebenernya bukan tips sih, tapi apa yaaa, kaya semacem problem solving sajooo, hehe.

Beberapa teman-teman mungkin ada yang pernah ngalamin yang namanya server busy pas mau login ke WeChat. Padahal username/telp/email sama password udah bener. Koneksi internet juga udah oke, lancar jaya. Tapi kok susah banget mau login??

Masalah ini biasanya (biasanya loh yaaa, belum tentu selalu) terjadi karena aplikasi WeChat-nya abis di uninstall. Atau HP nya abis di hard reset. Kejadian ini juga saya alami sendiri. Setelah HP saya di hard reset, terus nginstal ulang WeChat lagi, ternyata ga bisa buat login. Karena setiap kali dicoba gagal terus, udah berminggu-minggu, jadi males juga. Akhirnya ditinggalin dah tuh aplikasi, ga pernah diutik-utik lagi.

Sampai suatu hari, iseng googling kali aja ada yang bernasib sama. Eh ternyata emang banyak juga yang punya masalah serupa. Saya nemu satu blog, lupa itu apa alamatnya. Disana ada cara supaya bisa login. Caranya adalah dengan merubah settingan konfigurasi internet yang sedang digunakan. Tapi kelemahannya adalah, kalo HP kita ga nerima perubahan itu malah yang ada ga bisa internetan pake aplikasi yang lainnya deh.

Terus saya iseng lagi aja, bikin settingan konfigurasi internet yang baru. Saya kasih nama wechat (terserah mau dikasih nama apa) dan pilih data internet. Proxy dan lain-lainnya kosongin aja. Terus masuk ke aplikasi WeChat, masuk ke settingan internet di WeChat, dan pilih mobile access point yang baru dibuat tadi. Saya pake kartu 3, dan ada 3 pilihan access point yaitu: 3gprs, 3mms, dan wechat (yg baru dibuat). Setelah milih access point wechat (yg baru dibuat itu), dan taraaaaaa!! Berhasil login!! ๐Ÿ˜€

Dari situ saya mengambil kesimpulan, kalo mengalami masalah server busy dan ga bisa login ke WeChat, solusinya adalah membuat konfigurasi internet atau access point internet yang baru. Dan perlu diingat, proxy dan lain-lainnya dikosongin aja. Kalo nama sih tererah aja, suka-suka. Kemudian pas memilih access point di aplikasi WeChat, access point yang baru saja kita buat itu harus TIDAK ADA tulisanย NOT RECOMMENDEDnya. Karena masalah server busy itu salah satunya disebabkan oleh pilihan acces point yang NOT RECOMMENDED. Sampai sekarang saya masih belum ngerti kenapa setelah hard reset atau instal ulang aplikasi, access point yang tadinya bisa digunain (dulu pake 3gprs) malah ga bisa dan ada tulisan not recommended.

Hmmm tapi ya sudah laaah, yg penting sekarang udah bisa lagiiiii pake WeChat!! ๐Ÿ˜€ Hehe.. Daaaan temen dari India pun (kenalan dari WeChat) sempat kehilangan, dia pikir saya udah lupa sama dia karena selalu ga berhasil ngontak lewat WeChat, hahaha.

Semoga infonya bermanfaat meskipun saya bukan ahli teknologi dan ga banyak ngerti soal gadget beserta kawan-kawannya. ๐Ÿ˜€

21 thoughts on “Mengatasi WeChat yang Susah Login (Server Busy)

  1. Aku lg ngadepin masalah yang sama nih kk,, aku pake 9860, gmn ya ,, bs bantu gak kk,, temen temen india n pakistani aku banyak juga,,

  2. aku prnah nglami hal yg sma,wechat ku udh dsetting ulang tp mslhnya aku ngak bsa maen shake dn ngak mnemukn daftar orang2 dskitar.apa sich solusinya

  3. Maaf ak mau tanya lagi,ak msh gg ngerti itu cara’y d gmnain….boleh bntu gg?step2’y ..ak pke bb..step’y gmna yaa?
    Makasih sblm’y …tolong d bntu yaaa…

  4. Ane pake asha 311,mslhny sma ga bsa login ke weChat..pake cara agan ttp ga bsa mslhny untuk halaman muka wechat ane ga ad pngturan’y…cma ad login lwt nmr tlp/pake akun…gmn donk… mnt bntuany donk ..thank…

  5. Gimana cara reset password wechat, aku lupa passwordnya dan nomer hp yang buat daftar juga dah hilang, tolong dibantu ya
    Thankz , iful

Leave a comment